Minggu, 07 November 2010

Pendidikan Agama Islam

1. Apakah agama itu?
2. Mengapa saudara beragama?
3. Bagaimana pengaruh Agama terhadap perilaku saudara?
4. Bagaimana Pendapat Saudara tentang, Islam Yes, Partai Islam No?

37 komentar:

  1. ANDI AGUS DEWANTARA
    NPM;101210009
    1;agama menurut sy adalah keyakinan seseorang trhadap sang penciptaNYA
    2;AGAMA;dapat mengatur kehidupan kita untuk menjadi lebih baik
    3;pengaruh AGAMA bisa membuat sy tau tentang apa yang baik dan yang buruk di atas dunia ini
    4;ISLAM YES,sy setuju krn agama islam adalah agama saya,tp bila pendapat tentang PARTAI ISLAM NO,sy juga tidak setuju krn saya bukan orang partai

    BalasHapus
  2. MELISA PUTRI
    NPM 101210002

    1;keyakinan seseorang terhadap sang penciptanya
    2;agama dapat mengatur kehidupan kita yang lebih baik
    3;tau untuk membedakan yang baik dan yang buruk
    4;islam yes atau paratai islam no

    BalasHapus
  3. agama = manusia, hamba, tuhan;
    manusia beragama karena pemenuhan kebutuhan rohani;
    seberapa besar tingkat keimanan seseorang dalam agamanya, akan tercermin dalam perilakunya;
    islam yes, itu pasti, karena hanya islam agama yang diridhai disisi allah (ali imran(3):19),
    partai islam no, setuju banget. agama bukan untuk berpolitik (politik partai semata2 untuk kekuasaan);

    BalasHapus
  4. 1.agama = jalan
    2.ya..beragama.gimana mau sampai tujuan, kalau gak punya jalan.
    3.pengaruhnya..?banyaklah, namanya juga jalan, ada yang bergelombang, berkerikil tajam dsb, tergantung kita mau ambil jalan yang mana.jalan itu bisa buat saya tau arti pegangan hidup.
    4.islam yesss...karena saya juga beragama islam, tapi kalau parta islam..hahaha..gak janji deh..

    BalasHapus
  5. @mbak siti: salam kenal, apa kabar nih, barusan komen di blog mas anas ya. makasih lo udah dikunjungi

    BalasHapus
  6. Ika apriani
    npm 101210108

    1. Agama itu adalah alat, semacam tongkat peraba bagi orang buta untuk menempuh suatu perjalanan.

    BalasHapus
  7. Nuraini
    Npm 101210109

    1. Agama adalah sesuatu kepercayaan yg di anut oleh seseorang dengan tujuan mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta.

    2. Supaya didalam hidup mempunyai semacam tonggak, pegangan, keyakinan atau ahlak dalam agama dan kita akan mendappatkan kebahagiaan dari Allah SWT.

    BalasHapus
  8. Lanjutan no 2.
    ika apriani
    npm 101210108

    2. Karena dengan beragama kita dapat memiliki
    Keyakinan ( Aqidah ), Hukum ( Syariat ), dan
    Norma ( Ahlak ) sehingga kita akan
    mendapatkan kebahagiaan,kedamaian, dan
    ketenangan yang akan kita raih di dunia dan
    di akhirat.

    BalasHapus
  9. ELIVA DEWI HASRI
    NPM 101210124

    1. Agama itu adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau disebut dengan nama dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban2 yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.

    2. Menurut saya kita memeng harus beragama karena untuk tuntunan hidup jiwa spritual kita agar terisi yang terarah, dan kita di ciptakan oleh Tuhan Untuk menyembahNYA.

    BalasHapus
  10. Agama adalah masalah yang mengenai kepentingan mutlak setiap orang. oleh karena itu setiap orang yang beragama selalu dalam keadaan terlibat dengan agama yang dianutnya. Manusia yang beragama dan mengikatkan diri dengan tuhan,ada kebebasan tersendiri karena dia menjalankan sesuatu menurut keyakinannya.
    Islam adalah agama akhir yang mutakhir, agama yang selalu mendorong manusia untuk mempergunakan akalnya untuk memahami ayat2 sunnatullah yang terbentang dialam semesta dan memahami ayat2 alquran. agama islam adalah agama keseimbangan dunia akherat, agama yang tidak mempertentangkan iman dan ilmu bahkan rosul mensunnahkan baik pria maupun wanita untuk menuntut ilmu pengetahuan mulai dari buaian sampai keliang lahat
    emahami

    BalasHapus
  11. NAMA:SYAPUWAN
    semester 1
    NPM :10030040

    1. AGAMA : A => TIDAK
    GAMA => KACAU
    BERARTI AGAMA ITU ADA UNTUK
    MENGATUR UMATNYA YG MEYAKININYA.
    KALAU MENURUT PEMIKIRAN SAYA:
    agama itu sesuatu yg membuat
    seseorang bisa merasa tenang,
    percaya diri, yakin akan kehidupan
    dirinya dan yg mensuport dirinya
    untuk lebih baik dalam hiudupnya.

    2.saya beragama karena keturunan,saya sempat berpikir klo saya lahir d rusia mungkin saya tidk ada agama alias "atheis"...dan smua yg ada d sana adalah sah-sah saja selama itu masuk akal/ real/nyata.akibatnya smua orang berpikir bahwa selama itu baik menurut saya maka itu adalah benar...tanpa memikirkan apakah itu baik bagi orang disekelilingnya.
    berbeda dengan daerah saya sekarang yg dikelilingi orang2 yg beragama.semua ada aturannya mana yg baik mana yg buruk ,mana yg boleh dan mana yg tidak boleh d lakukan smua ada aturannya,dan masyarakatpun hidup cukup baik dan teratur..walaupun masih ada yg tidak mematuhinyha...
    dan saya berpikir untung saya lahir disini...shingga saya bisa tahu bahwa kita tidak hidup dengan sendirinya melainkan hidup itu ada aturannya dan ada yg mengatur

    3.sesuai jawaban no.2
    peranan agama dalam hidup saya setidaknya dia memberikan beberapa aturan yg bila saya ikuti maka saya akan menjadi manusia yg baik dan bila tidak maka saya sama saja dgn orang yg tidak beragama...maka yg saya rasakan dengan beragama hidup saya bisa menjadi lebih baik..lebih beraturan dan tidak semaunya sendiri karena hidup itu ada aturannya.

    4.islam itu agama yg mengatur smua kehidupan..baik itu perdagangan,pemerintahan,dan sebagainya...
    pemerintahan islam bila diterapkan akan berdampak posotif,tp untuk partai politik islam,yang saya pandang saat ini...bukan islamnya...tp oknumnya...karena politik itu sarang kebohongan dan licik dan menghalalkan segala cara untuk menang...jadi menurut saya politik yg d baurkan dengan agama kurang baik."maap bila ini menyinggung beberapa pihak"

    BalasHapus
  12. NAMA : Dimas angga sapuitra
    KLS : C
    NPM : 101210149

    1. secara singkat Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan penganut agama masing-masing.
    secara pribadi saya menganut agama islam dan saya berpendapat Agama Islam yaitu suatu kaidah nilai yang memeri berkah pada umat (rohmatan lil alamin)

    2.sebgai orang yg beragama islam pendapat saya sesuai dengan surat (Adz Dzariyat :56) yg artinya
    "Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu"
    sehimgga kita Hidup didunia yg semu ini sebenarnya hanya untuk beribadah, sebagai bekal hidup yang sebenarnya kelak setelah mati.
    jd tujuan saya beragama secara khusus ISLAM adalah untuk beribadah kepada ALLAH,

    3. pengaruh agama dlm kehidupan saya sangat besar'' dalam agama yg saya anut, agama Islam,
    saya mempelajari adanya adab-adab, sebagai contoh dalam prilaku sehari2 seperti adab ketika bertamu kerumah orang, adab makan, adab memasuki tempat ibadah (masjid) dan masih banyak lainnya,

    4.menurut saya islam bukan sekedar agama yang mengatur ibadah ritual semata namun islam adalah dinul syammil menggatur berbagai aspek peri kehidupan masyarakat tanpa terbatas ruang & waktu saya setuju kalau ada diantara umat/organisasi/partai yang kelihatannya memperjuangkan islam namun pada hakikatnya untuk kepentingan pribadi,golongan & partainya ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa dibantah kesalahan ada pada person(SDM) bukan pada ajaran islamnya logika saya kalau genting rumah kita bocor apakah rumah kita akan kita hancurkan atau kita ganti genting yang rusak dengan yang baik. orang yang berakal sehat akan memilih alternatif kedua. islam harus teraplikan dalam segala aspek kehidupan kalau ada yang salah(person) kita ingatkan dengan bijaksana karena dakwah merangkul bukan memukul.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. NAMA : AGUNG HAJAR ISMAIL
    KELAS : C
    NPM : 101210147

    1. agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan

    2.karena agama merupakan petunjuk bagi kehidupan kita

    3. sangat besar pengaruhnya bagi kita, karena dengan agama kita dapat mengetahui adab,norma dan prilaku sehingga kita dapat menjadi manusia yg lebih baik di hadapan manusia maupun Tuhan.

    4. islam yes' saya setuju karna agama saya islam,
    partai islam no' saya kurang setuju karna agama tidak boleh di campur adukan dengan partai

    BalasHapus
  15. Agama menurut saya suatu keyakinan dan kepercayaan seseorang atau agama bisa juga bisa diartikan sebagai sistem atau prinsip kepercayaan kepada tuhan atau disebut juga dengan nama dewa atau lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.

    mengapa kita harus bragama karena dengan beragama hidup kita punya tujuan harus kemana kita melangkah.dan juga dikatakan dlm QS.RUM.30 Mengatakan bahwa beragama merupakan fitrah manusia.allah berfirman maka hadapkanlah wajahmu pada din(ketaatan) dengan lurus sebagai fitrah allah yang atasnya manusia diciptakan

    BalasHapus
  16. Agama ialah buah atau hasil kepercayaan dalam hati, iaitu ibadat yang terbit lantaran telah ada iktiqad lebih dahulu, menurut dan patuh kerana iman. Tidaklah timbul ibadat kalau tidak ada rashdiq dan tidak terbit patuh (khudu’) kalau tidak dari taat yang terbit lantaran telah ada tashdiqq (membenarkan), atau iman. Sebab itulah kita katakan bahawa agama itu hasil, buah atau hujung dari iktikad, tashdiq dan iman. Bertambah kuat iman, bertambah teguh agama, bertambah tinggi keyakinan,
    ibadat bertambah bersih. Kalau agama seseorang tidak kuat, tidak sungguh dia mengerjakan, tandanya imannya, iktikadnya dan keyakinannya belum kuat pula. Kalau seseorang mengerjakan agama kerana pusaka, turunan atau lantaran segan kepada guru, bila tempat segan, takut dan guru itu tidak ada lagi, hilanglah agamanya itu dari dirinya.
    mengingat banyak orang yang beragama, tetapi tidak mengenal agamanya dengan baik. Padahal, mengenai agama seharusnya berada pada tahapan awal sebelum mengamalkan ajarannya. Tetapi secara realita, keberagamaan sebagian besar dari mereka tidak sebagaimana mestinya. Nah, dalam kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan tentang mengapa kita beragama dan bagaimana seharusnya kita beragama. Sehingga kita beragama atas dasar bashirah (pengetahuan, pengertian, dan bukti).
    Allah Ta’ala berfirman : "Katakanlah (wahai Muhammad). Inilah jalan-Ku. Aku mengajak kepada Allah dengan bashirah (hujjah yang nyata)" (QS Yusuf, 12 : 108).

    BalasHapus
  17. 1. agama merupakan sistem atau prinsip kepercayan kepada Tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut
    2. Dengan menjawab asumsi-asumsi dan hipotesa atas keberagamaan manusia maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manusia tidak dapat tidak beragama dalam kehidupannya. Agama yang akan mengantarkannya mencapai kesempurnaan maknawi dan duniawi berkat aturan dan rule of game yang tegas dijelaskan dalam setiap ajaran agama. Melalui agama pertanyaan-pertanyaan ontologis yang menyangkut persoalan-persoalan eksistensial dapat terjawab dengan tuntas dan komprehensif dimana orang-orang yang kontra dengan keberadaan agama dan mencoba memberangus rasa keberagamaan itu dengan menyajikan industri dan sains. Namun manusia karena dalam dirinya mengandung dua dimensi, ragawi dan maknawi, kebutuhan dan dahaga maknawinya tidak akan dapat pernah dapat terpenuhi selain dengan perantara sesuatu yang trasendental. Oleh karena itu, jelaslah alasan ihwal mengapa kita beragama? Adapun tentang agama yang mana yang harus kita ikuti dan yakini kebenarannya, kita akan membahasnya pada kesempatan mendatang

    NPM 101210243
    KELAS C

    BalasHapus
  18. NAMA : WAWAN MARIYANTO
    NPA : 101210137
    KELAS: C

    1.menurut saya agama adalah kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan yang Agung, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam alam sekitar, sesuai dengan tata kepercayaan dan tata penyembahan tersebut.
    Dalam perwujudannya terdapat empat unsur penting, yaitu: tata pengakuan terhadap adanya Yang Agung dalam bentuk iman kepada Allah, tata hubungan terhadap Yang Agung tersebut dalam bentuk ibadah kepada Allah, tata kaidah/doktrin yang mengatur tata pengakuan dan tata penyembahan tersebut yang terdapat dalam al-Qur`an dan Sunnah Nabi, tata sikap terhadap dunia dalam bentuk taqwa, yakni mempergunakan dunia sebagai jenjang untuk mencapai kebahagiaan akhirat.

    2.saya beragama karena keturunan,alhamdulillah karena orang tua saya beragama dan beragama islam maka saya memiliki agama.

    3.Perintah Tuhan kpada kita ada 2 yaitu; jauhi larangan-Nya dan laksanakan perintah-Nya,oleh karena itu agama mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku kita,karena sebagi benteng dan rem bagi hati kita,Karena, agama mampu memberi pengaruh pada perasaan kepemilikan dan keterikatan yang dimiliki manusia, sehingga manusia mampu mengontrol kehidupannya sendiri. Dengan melakukan berbagai aktivitas keagamaan, seperti datang ke rumah ibadah. Manusia juga akan membuka lingkungan sosialnya sehingga kepribadiannya pun akan semakin berkembang. Selain itu, aturan-aturan agama juga akan memberi pengaruh pada perilaku manusia dan memberikan keselamatan jasmani, ruhani, dan keseimbangan jiwa.

    4.saya tidak sapendapat, alasannya sederhana, bahwa umat islam tidak seharusnya berada dalam ajang politik, mereka tidak pandai dalam berpolitik,mereka terlalu “bersih” untuk dikotori oleh politik, karena yang ada di politik hanyalah semata-mata untuk mencari kekuasaan, dimana untuk mencapainya bisa ditempuh dengan segala cara, yang tidak jarang melanggar norma-norma agama. Disini islam diproteksi dari nilai-nilai buruk, begitu alasan mereka. Di lain pihak banyak umat Islam sudah tidak percaya lagi, karena ternyata partai Islam pun juga dianggap sama saja.

    BalasHapus
  19. REZA RAMADHANUS
    KELAS C
    NPM : 1O121O237

    1.Agama adalah kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2.Agama adalah keyakinan,,bagaimana kita hidup tanpa adanya keyakinan.jdi agama sangatlah penting.
    3.Dengan adanya agama saya merasa diri saya lebih baik dan mengerti apa tujuan hidup saya,mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.
    4.Saya setuju,islam yes,partai islam no karna agama bukanlah partai.

    BalasHapus
  20. dedi budianto
    Kelas :C
    NPM :101210238

    1.Agama adalah suatu keimanan atau keyakinan terhadap sang pencipta yang di aplikasikan dalam bentuk perbuatan yakni dengan menyembah kepada Allah SWT.
    2.karena dengan beragama kita mempunyai pedoman hidup,mengetahui hal-hal yang baik dan buruk,yang di larang/diperintahkan,serta menjadi tuntunan kita dalam semua perbuatan.
    3.pengaruh agama bagi kita adalah sebagai pengendali tingkah laku dan perbuatan,mengarahkan kita kearah yang lebih baik serta menjauhi perbuatan keji dan munkar.
    4.agama adalah sebagai keimanan,bukan sebagai bahan politik.

    BalasHapus
  21. tri handoko
    kelas c

    1.agama adalah yakin terhadap tuhan yang maha esa yang di dalam agama tersebut terdapat norma/ adab untuk mengatur prilaku manusia.
    2.saya beragama supaya saya mempunyai kepercayaan/keyakinan serta di dalam agama terdapat pedoman2 hidup manusia tentang bagaimana caranya berprilaku yang baik sesuai dengan norma.
    3.sangat berpengaruh,karna kalau saya tidak beragama mungkin saya tidak mengerti perbuatan mana yang baik dan yang buruk,dengan begitu membuat diri saya menjadi lebih baik.
    4.agama bukanlah partai politik.saya setuju sekali.

    BalasHapus
  22. Nama: Bayu Raka S
    NPM : 101210148

    1. Agama adalah tuntunan hidup dlm dunia yg mengarahkan kita kejalan kebenaran dan kebaikan.
    2. Karena tanpa agama kita tdk ada tujuan dan tuntunan dlm hidup.
    3. Sangat berpengaruh, karena agama banyak mengajarkan saya kebaikan yg tentunya dapat saya realisasikan dlm kehidupan bermasyarakat. Dan yg terpenting meningkatkan keimanan saya kepada allah.
    4. Partai aslam yes, selagi msh dalam norma-norma agama.

    BalasHapus
  23. Nama: Anita tarmizi
    Npm : 101210134

    1. agama adalah pedoman hidup manusia dalam berkehidupan sehari hari.
    2. karena dengan agama qita memiliki kenyakinan.
    3. berpengaruh bgt,karena agama merupakan pedoman hidup, serta kita dapat mengetahui hal2 yang baik maupun yang buruk.
    4.islam yes, because iam moslem.

    BalasHapus
  24. NANANG DARHAYU
    Kelas : C
    NPM : 101210245

    1. Agama menurut saya adalah suatu sistem atau prinsip kepercayaan kepada tuhan yang didalamnya terkandung aturan-aturan dan ajaran yang mengatur tata kehidupan agar hidup manusia menjadi terarah dan tidak melanggar larang yang ada dalam agama tersebut.

    2. Saya beragama karena saya ingin hidup saya lebih terarah dalam bertindak supaya dapat bermanfaat bagi sesama dan dapat manjalankan kewajiban selaku mahluk tuhan agar tidak keluar dari aturan yang ada dalam agama yang saya anut supaya tuhan tetap mencurahkan rahmat,taufik dan hidayahNYA kepada saya dan kepada orang-orang yang menyayangi dan saya sayangi.

    3. Sangat berpengaruh besar,ketika hendak berbuat sesuatu maka yang menjadi patokan adalah apa yang ada dalam aturan Agama,sehingga dalam perperilaku menjadi terarah.

    4. Saya kurang setuju Islam dilibatkan sebagai partai politik oleh orang-orang yang sebenarnya sangat memahami Islam,karena sudah banyak contoh dengan adanya beberapa partai Islam maka Islam seolah-olah menjadfi berkelompok-kelompok sehingga sering menimbulkan perpecahan didalam Islam itu sendiri,yang akibat buruknya akan menurunkan harkat dan martabat Islam dimata Agama atau kelompok lain,na udzubilah.

    BalasHapus
  25. Nama : Anditha tarmizi
    Npm : 101210133

    1. pedoman hidup
    2. sebagai tuntunan berkehidupan.
    3. sangat pengaruh,
    karena dengan agama kita memiliki keyakinan.
    dalm membedakan baik buruk perilaku,
    4. islam yes
    because iam moslem..

    BalasHapus
  26. NAMA : EDI CANDRA
    NO NPM :101210265
    EMAIL : edi_chanz07@yahoo.com
    KELAS C, SEMESTER 1


    1. Agama adalah suatu keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa,yang dianut oleh manusia dan dijalankan oleh pemeluk Nya.
    2. Karena agama merupakan dasar dari sikap seseorang,dan bagaimana rasa syukur kita kepada Tuhan yang telah manciptakan kita.
    3. Peran agama terhadap perilaku saya sangatlah penting karena dalam agama kita diajarkan untuk tidak melakukan sesuatu yang dilarang seperti: mencuri,berzinah,berbohong,dan meminum-minuman yang memabukan/beralkohol.
    4. Menurut saya,sebenarnya tidak ada masalah dalam partai yang berbasis Islam selama masih dalam batas-batas tentang ajaran Islam.

    BalasHapus
  27. nama:alber raditya matulesy
    NPM:101210095

    1.agama adalah keyakinan seseorang
    2.karena semua mahluk hidup harus mempunyai pedoman yaiyu kepercayan agar hidup lebih baik
    3.agama dalam prilaku saya adalah agama sangat penting dalam kehidupan saya
    4.saya kurang setuju agama islam di jadikan partai politik

    BalasHapus
  28. NAMA : Indra Putra Unyi
    NPM : 101210115

    1.agama adalah kepercayaan kita terhadap tuhan dan kita wajib untuk mematuhi aturan2nya...
    2.karena mahluk hidup harus punya pedoman hidup jika mak hidupnya kan tersesat..
    3.agama sangat berpengaruh terhadap hidup saya.." karna dapat membuat hidup saya jadi lebih baik.."
    4.saya kurang setuju karena agama bukan ajak politik..

    BalasHapus
  29. NAMA : MUHAMMAD AMRI
    NPM : 101210145

    1.agama dalah kepercayaan kita terhadap tuhan bahwa tuhan itu ada.." dan kita jg wajib mematuhi aturan2 yg ada..
    2.karena dg kt berpedoman hidup terhadap agama maka hidup kita akan menjadi lebih baik dan tidak akan mengikut ajaran sesat..
    3.agama sangat berpengaruh terhadap hidup saya karna dapt memnuat saya tenang dan lebih baik,," dan tidak keluar dr ajaran2 agama yg ada,,dan saya jg bs dekat dg allah...
    4.saya tidak setuju karena agama islam menyangkut hubungan kita dg allah bukan ajang rebutan politik..

    BalasHapus
  30. NAMA : HERLI SANJANI
    NPM : 101210120

    1.agama adalah kepercayaan terhadap tuhan..
    2.kita wajib berpedoman karena jika tidak hidup kita akan sesat..
    3.agama sangat berpengaruh bagi hiudp saya karena hidup saya jadi lebih baik dan bisa dekat dengan allah.
    4.saya tidak setuju karena agama islam menyangkut allah,,jadi bukan ajang untuk berpolitik..

    BalasHapus
  31. nama : sindhu permana
    kelas : c
    npm : 101210153

    1.agama adlah sebuah keyakinan yang dianut seseorang,sebagai pedoman hidup..
    2.seseorang tidak bisa hidup tanpa agama karena ia akan tersesat dalam hidup..
    3.sangat berpengaruh karena kita bisa tau mana yang baik dan mana yang buruk..
    4.kurang stuju karena antara agama dan partai tidak bisa disatukan dalam berpolitik..

    BalasHapus
  32. NAMA : ANTON HADI
    NPM : 101210118

    1.agama adalah kepercayaan terhadap tuhan dan ajaran2nya..
    2.kita wajib bagi kita untuk berpedoman karena dg berpedoman hidup kita bisa menjadi lebih baik dan tidak masuk ajaran sesat..
    3.agama sangat berpengaruh bagi hidup saya karna bisa menuntun saya menjadi orang yg lebih baik dan bisa lebih dekat dengan allah..
    4.saya tidak setuju karena agama islam itu menyangkut allah dengan manusia bukan suatu ajang politik yg untuk diperebutkan..

    BalasHapus
  33. Nama : Singgih Bimantoko
    NPM : 101210101
    Kelas: c
    1. Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan.
    2. Karena untuk mencari kedekatan diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri , yaitu :
    - menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan
    - menaati segenap ketetapan, aturan, hukum dll yang diyakini berasal dari Tuhan
    3. sangat berpengaruh besar..karena agama menuntun kehidupan saya terhadap norma-norma beragama
    4. saya sangat setuju kalo partai islam berkembang tapi partai islam harus bersatu dan berlandaskan khaidah islam.

    BalasHapus
  34. Nama : anggi tahtaria putra
    NPM : 101210222
    kelas : C

    1. agama adalah keyakinan, aliran atau kepercayaan kita terhadap sesuatu yg berkaitan dengan tuhan, agama juga bisa disebut dengan sarana untuk kita lebih mengenal tuhan.
    2. menurut saya kita harus atau wajib beragama, karena agama adalah sesuatu yang menentukan kemana kita akan tinggal setelah hidup di dunia atau setelah kita mati.
    3. menurut saya agama sangat berpengaruh dalam perilaku hidup saya sehari-hari, karena baik atau buruk nya kita berprilaku menentukan seberapa beragama nya kita.

    BalasHapus
  35. nama: bambang hermanto
    NPM : 101210112
    kelas : c

    1. agama adalah kepercayaan, keyakinan manusia terhadap tuhan. kepercayaan tehadap satu agama merupakan satu tolak ukur dan panutan pada manusia terhadap tingkah laku dan ucapan seseorang dimana dengan agama kita akan terarah
    2. dengan kita beragama kita bisa tau yang HAQ dan yang BATIL.
    3. membentuk kepribadian dan karakteristik kita sekaligus menjadi pegangan dalam hidup dan kehidupan kita sehari- hari
    4. ISLAM YES karna ISLAM adalah agama yang menurut saya SEMPURNA karna didalam islam telah terdapat satu peraturan dan peradapan apapun yang kita jalan kan dalam kehidupan kita.
    PARTAI ISLAM NO : SETUJU karna dengan adanya partai yang berbasis islam dan banyaknya jumlah partai islam yang ada di negara kita ini malah memicu kontrofeksi antar umat islam itu sendiri walaupun sebenarnya didalam islam juga di ajarkan cara berpolitik, akan tetapi banyak oknum yang menyalah gunakan islam sebagai salah satu senjata untuk tercapainya satu tujuan yang hanya ber sifat pribadi atau golongan bukan pada umat islam itu sendiri.

    BalasHapus
  36. nama:wahadi
    npm : 101210159
    kelas : c (non reguler)

    1.agama adalah kepercayaan kita terhadap tuhan dan kita wajib untuk mematuhi aturan2nya...
    2. Saya beragama karena saya ingin hidup saya lebih terarah dalam bertindak supaya dapat bermanfaat bagi sesama dan dapat manjalankan kewajiban selaku mahluk tuhan agar tidak keluar dari aturan yang ada dalam agama yang saya anut supaya tuhan tetap mencurahkan rahmat,taufik dan hidayahNYA kepada saya dan kepada orang-orang yang menyayangi dan saya sayangi.
    3.agama sangat berpengaruh terhadap hidup saya karna dapt memnuat saya tenang dan lebih baik,," dan tidak keluar dr ajaran2 agama yg ada,,dan saya jg bs dekat dg allah...
    4. Saya kurang setuju Islam dilibatkan sebagai partai politik oleh orang-orang yang sebenarnya sangat memahami Islam,karena sudah banyak contoh dengan adanya beberapa partai Islam maka Islam seolah-olah menjadfi berkelompok-kelompok sehingga sering menimbulkan perpecahan didalam Islam itu sendiri,yang akibat buruknya akan menurunkan harkat dan martabat Islam dimata Agama atau kelompok lain,na udzubilah.

    BalasHapus
  37. @ All: 1. Sejak kapan anda beragama?
    2. sudahkah anda menjalankan ajaran agama secara totalitas? kalau belum mengapa?

    BalasHapus